19 April 2024

Pelatihan Akuntansi Koperasi Bagi Pengurus Koperasi Kota Batam

1 min read

Selasa (23/3) – Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam bersama dengan Kepala Bidang Pemberdayaan dan Perlindungan Koperasi membuka acara Pelatihan Akuntansi Bagi Pengurus Koperasi TA. 2021 di Hotel Travelodge, Sungai Jodoh, Kota Batam.

Acara “Peningkatan Kapasitas Koperasi dan UMKM” tersebut diikuti oleh kurang lebih 50 peserta berasal dari para pengurus koperasi aktif yang berlokasi di Kota Batam.

Pada penyelenggaraan acara ini, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam bekerjasama dengan Lembaga Diklat Profesi Profesional Madani.

Adapun narasumber yang ditugaskan oleh Lembaga Diklat Profesi Profesional Madani untuk mengisi acara ini yaitu Bapak R. Taufik Hidayat, S.E., M.Si., yang berasal dari Kota Bekasi merupakan seorang Praktisi Koperasi & UKM, Tenaga Ahli Kementerian Koperasi dan UKM RI, Fasilitator, Pengajar, dan Dosen bidang Perkoperasian, Akuntansi dan Perpajakan.

Kegiatan “Pelatihan Akuntansi Koperasi” bertujuan untuk:
1. Meningkatkan keterampilan pengurus koperasi dalam keterampilan pengurus koperasi dalam membuat laporan pertanggungjawaban.
2. Meningkatkan keterampilan pengurus koperasi untuk bisa menyusun laporan keuangan koperasi yang meliputi :
a. neraca
b. perhitungan hasil usaha
c. laporan arus kas
d. laporan perubahan equitas
e. catatan atas laporan keuangan

Penyelenggaraan pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 23 s/d 25 Maret 2021 bertempat di Travelodge Hotel, Kota Batam.

Penyelenggaraan kegiatan ini dibiayai dari Dana DAK Non Fisik  Kementerian Koperasi dan UKM RI Tahun Anggaran 2021 pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam.