Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Kembali Gelar Pelatihan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Angkatan III

Dewasa ini orang dan generasi muda pada umumnya melihat sebelah mata terhadap wirausaha, padahal berwirausaha banyak manfaatnya. Menjadi usahawan bagi sebagian orang sangat menakutkan. Banyak yang berfikir bahwa menjadi pedagang atau wirausahawan mempunyai resiko tinggi yang tinggi  (kerugian, bangkrut dan sebagainya), sedangkan menjadi seorang pekerja sangat kecil resiko yang akan dihadapi.

Menjadi wirausahawan memang  beresiko tinggi tetapi hal itu seimbang dengan yang akan diperoleh dari hasil berwirausaha yang mungkin jika berhasil dan sukses akan memperoleh pendapatan dan penghasilan yang sangat memuaskan, untuk itu maka seorang wirausahawan harus mau dan mampu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Peningkatan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas. Berkenan dengan hal itu, kami akan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan sumber daya manusia dan tidak menjadi beban keluarga dan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan langkah positif yang dapat memotivasi generasi muda dalam upaya menciptakan peluang usaha dan menumbuhkan jiwa wirausaha.

Di saat krisis seperti saat ini pelaku umkm harus berinovasi serta memanfaatkan kanal pemasaran dan penjualan online untuk menjaga keberlangsungan usaha.

Pandemi virus corona atau covid-19 membuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) menata ulang strategi bisnis

Usaha mikro, kecil dan menengah (umkm) memiliki peranan krusial terhadap perekonomian indonesia. Di tengah pandemi covid-19 yang terjadi saat ini pelaku umkm tengah menghadapi tekanan yang amat berat karena mereka tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi sebagaimana biasanya. Untuk itu maka perlu dilakukan pelatihan kewirausahaan agar umkm dapat bangkit kembali.

Kewirausahaan pada hakekatnya adalah sifat, ciri dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia nyata secara kreatif.

Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha atau suatu proses dalam mengerjakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kewirausahaan merupakan gabungan dari kreativitas, inovasi dan keberanian menghadapi resiko dalam usaha.

Semangat, sikap, tingkah laku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik dan menghasilkan keuntungan yang besar.

Oleh karena itulah, kewirausahaan selalu tak terpisah dari kreativitas dan inovasi. Inovasi tercipta karena adanya daya kreatifiitas yang tinggi. Dalam pelatihan ini diharapkan peserta memperoleh pengetahuan tentang teori kewirausahaan. Sehingga nantinya mampu melakukan perancangan tempat usaha, jenis usaha, komoditi marketing plan, melaksanakan, merintis dan mengembangkan profesi wirausaha serta mempunyai sikap dan perilaku sebagai seorang wirausaha yang memiliki etika dalam mengembangkan usaha.

Kegiatan pelatihan ini diselenggarakan di Sahid Hotel, Batam Center selama 3 hari, yakni tanggal 25-27 November 2021.

Materi pelatihan dalam kegiatan ini yaitu meliputi

  1. Memetakan usaha agar bisa naik kelas
  2. Meningkatkan daya saing usaha mikro dan kewirausahaan
  3. Mencetak wirausaha muda kreatif dan inovatif
  4. Menjawab tantangan bisnis bagi umkm
  5. Karakteristik dan menjawab tantangan wirausaha

Related Posts

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Menyelenggarakan Pelatihan Packaging/Kemasan bagi Pelaku Usaha Mikro Binaan

BATAM (15/11/2021) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Bapak Drs. Suleman Nababan dan Kepala Bidang Pemberdayaan dan

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Selenggarakan Pelatihan Penyelenggaraan Rapat Anggota Tahunan (RAT) bagi Pengurus Koperasi

BATAM (26/10/2021) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam pada tanggal 26 s/d 28 Oktober 2021 melaksanakan Kegiatan Pelatihan

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Selenggarakan Pelatihan Manajemen dan Keuangan Mikro Bagi Pelaku Usaha Mikro Binaan di Kota Batam

BATAM (25/10/2021) - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Drs. Suleman Nababan didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Selenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Usaha Mikro Binaan

BATAM (14 Oktober 2021) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Usaha Mikro Binaan yang