19 April 2024

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam Selenggarakan Pelatihan Entrepreneurship

2 min read

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PELAKU USAHA MIKRO

BATAM (11 Oktober 2021) – Dewasa ini orang dan generasi muda pada umumnya melihat sebelah mata terhadap wirausaha, padahal berwirausaha banyak manfaatnya. Menjadi usahawan bagi sebagian orang sangat menakutkan. Banyak yang berfikir bahwa menjadi pedagang atau wirausahawan mempunyai resiko tinggi yang tinggi  (kerugian, bangkrut dan sebagainya), sedangkan menjadi seorang pekerja sangat kecil resiko yang akan dihadapi.

Menjadi wirausahawan memang  beresiko tinggi tetapi hal itu seimbang dengan yang akan diperoleh dari hasil berwirausaha yang mungkin jika berhasil dan sukses akan memperoleh pendapatan dan penghasilan yang sangat memuaskan, untuk itu maka seorang wirausahawan harus mau dan mampu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Peningkatan sumber daya manusia merupakan hal yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produktifitas. Berkenan dengan hal itu, kami akan mengadakan pelatihan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dan tidak menjadi beban keluarga dan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan langkah positif yang dapat memotivasi generasi muda dalam upaya menciptakan peluang usaha dan menumbuhkan jiwa wirausaha.

Di saat krisis seperti saat ini pelaku UMKM harus berinovasi serta memanfaatkan kanal pemasaran dan penjualan online untuk menjaga keberlangsungan usaha.

Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menata ulang strategi bisnis

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan krusial terhadap perekonomian Indonesia. Di tengah pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini pelaku UMKM tengah menghadapi tekanan yang amat berat karena mereka tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi sebagaimana biasanya. Untuk itu maka perlu dilakukan pelatihan kewirausahaan agar UMKM dapat bangkit kembali.Selanjutnya peserta  yang telah selesai mengikuti pelatihan dan telah tumbuh kecakapan serta  ketrampilan khususnya dunia bisnis, maka akan terus ditumbuh kembangkan  jiwa kewirausahaan untuk  membuka wawasan guna menciptakan unit bisnis baru.

TUJUAN PROGRAM

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan keterampilan kepada masyarakat agar mempunyai keahlian dan keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan berwirausaha. Adapun tujuan diadakannya kegiatan pelatihan kewirausahaan ini adalah Meningkatkan kemampuan berwirausaha, menciptakan sumber daya manusia yang berkualiatas, kreatif sebagai bekal dalam berwirausaha, membangun jejaring bisnis dan menciptakan wirausaha pemula, mengembangkan home industri.

WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan pelatihan Kewirausahaan (entrepreneurship) angkatan I dan II ini pada:

Hari/Tanggal          :    Senin  – Rabu, 11 – 13 Oktober 2021

Waktu                     :    07.30 – 17.00 WIB

TEMPAT PELAKSANAAN

Tempat pelaksaan program pelatihan ini di Hotel Travelodge – Kota Batam